Senin, 16 Januari 2012

Pura Sakenan

Pura Sakenan

Dulunya, Pura Sakenan merupakan tempat untuk Krama Subak guna memohon berkah kepada Tuhan. Maksud dari keberkahan Tuhan yakni kesejahteraan hidup, memohon supaya segala jenis penyakit yang merusaka berbagai macam tanaman bisa lenyap. Bahwa disebutkan dalam sumber di pura tersebut, Hyang Sakenan akan menjaga walang sangit dan Hyang Masceti berperan dalam menjaga tikus supaya tak merusak sawah dan ladang para petani.
Pariwisata Menggantikan Sawah dan Ladang
Lantas, bagaimana keadaan sekitar pura sekarang? Sawah dan ladang petani yang dulu begitu dijaga dan dilestarikan kini sudah terganti oleh sektor pariwisata yang ternyata bisa lebih mensejahterakan warga di sekitar. Namun tradisi permohonan kepada leluhur dan dewa yang berada di Pura Sakenan sampai kini masih dilakukan. Malah para wisatawan yang datang ke pura tersebut dianjurkan untuk juga memohon kesejahteraan.
Jika pelaku wisata memohon kesejahteraan dengan tulus, niscaya tidak ada lagi kelompok teroris yang mengacaukan pariwisata Bali. Kelompok teroris itulah kini diibaratkan walang sangit dan tikus-tikus di sawah. Oleh karena itu, hanya memohon kepada-Nya niscaya ”tikus-tikus” tidak mengganggu pariwisata Bali. Sudahkah hal itu dilakukan? Jawabannya pada umat.

Sejak zaman dulu Hyang Maharesi Markandya membangun serta menata keberadaan desa-desa dan menciptakan kesejahteraan masyarakat. Dengan permohonan kesejahteraan hidup itu, menyebabkan segala jenis tumbuhan yang ditanam, baik yang ditanam di tegalan maupun sawah semuanya tumbuh dengan subur.
Itulah yang menyebabkan para pengikut beliau sangat taat dan sama-sama menciptakan kesejahteraan, semuanya bersatu dan hormat kepada Sang Dwijaswara. Oleh karena demikian asal-usulnya Sakenan itu, maka disebut juga Sad Kahyangan. Dibolehkan menggunakan Candi Bentar dan Candi Kurung. Adapun pakelem/padagingan Candi Kurung di puncak dan di dasarnya. Sarananya emas mirah dan selaka. Sementara sesuaran/tulisan pada pripihan-nya.


Lokasi


Pura Sakenan terletak di Pulau Serangan, Desa Serangan, Denpasar Selatan. Lokasinya lumayan mudah untuk dijangkau oleh para wisatawan yang hendak berkunjung dan memohon di pura ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar